Cara Membuat Katak Dari Kertas Origami

Ingin tahu cara membuat katak dari kertas lipat origami ? Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara buat katak dari kertas origami dengan mudah, namun untuk kali ini saya akan menyajikan langkah – langkah untuk membuat katak atau kodok yang bisa loncat dengan cara ditekan. Dan semoga saja tutorial ini bisa membuat anda menjadi mudah dalam belajar membuatnya.

Mungkin dari pengunjung blog seni melipat ini, sebagian guru. Dan bisa mengajarkan ketrampilan kepada murid – muridnya dengan membuat kerajinan dari kertas berupa katak loncat. Selain katak, anda juga bisa melihat tutorial lain di blog ini tentang cara membuat kepiting kertas. Butuh kesabaran dan ketelitian untuk membuatnya, namun jika sering dilatih akan hafal dengan sendirinya. Dan murid – murid pun akan senang serta mampu menambah kreatifitas anak. Berikut langkah – langkah / tutorial untuk membuatnya.

Langkah – langkah membuat katak dari kertas origami
Pertama, sediakan kertas terlebih dahulu, anda bisa menggunakan kertas origami, kertas warna atau kertas HVS, namun sediakan gunting untuk membuatnya jadi persegi.


  1. Lipat kertas untuk membuat lipatan dari atas ke bawah
  2. Lipat lagi dari kanan ke kiri
  3. Buatlah lipatan seperti pada gambar kemudian buka kembali seperti semula
  4. Buat lipatan diagonal ( seperti pada gambar ) lihat garis putus – putus.
  5. Tekan bagian tengah ke dalam sehingga membentuk segitiga
  6. Membuat lipatan lagi untuk bagian bawah
  7. Lipat ke dalam sehingga menuju/ bertemu di pusat 
  8. Setelah itu lipat lagi bagian bawah ke atas
  9. Membuat lipatan diagonal ke dalam sehingga terbentuk garis seperti pada gambar
  10. Tarik sudut yang ada tanda titik merah (lihat gambar ) ini untuk membuat kaki katak 
  11. Membuat dua kaki bawah dan yang atas, dengan cara melipat ke luar 
  12. Lipatlah ke atas seperti garis putus-putus pada gambar
  13. Lipat lagi ke bawah lihat garis putus-putus
  14. Baliklah dan katak hampir jadi
  15. Kemudian agar terlihat bagus, siapkan bolpoint atau spidol untuk menggambar mata .Dan katak sudah jadi, anda bisa menekannya dengan jari dan lepaskan agar si kodok kertas bisa melompat

Bagaimana apakah masih bingung ?, coba ulangi berkali kali kalau keliru. Memang harus teliti, dan juga jangan tergesa gesa dalam melipat agar katak dari kertas yang dihasilkan lebih rapi. Jangan lupa bombing dengan sabar, kalau mengajari murid atau anak, bahkan teman. Ini juga bisa anda jadikan ide ketika mengajar murid, agar si murid tambah kreatifitas. 

Untuk hasil yang lebih bagus, anda bisa menggunakan kertas origami. Tutorial origami untuk hewan dalam blog https://senimelipat.blogspot.com ini , semoga saja bisa saya perbanyak lagi, bukan hanya katak, namun hewan- hewan lainnya yang memang perlu untuk dicoba. Terimakasih sudah mampir di blog ini, semoga tutorial cara membuat katak dari kertas origami / lipat ini dapat bermanfaat bagi anda. 

2 Responses to "Cara Membuat Katak Dari Kertas Origami"

  1. permission share your articels

    BalasHapus
  2. Setelah melihat artikel ini saya semakin semangat untuk berkreasi menggunakan kertas origami. Jangan lupa mampir ya https://walisongo.ac.id/

    BalasHapus